ANALISIS MANAJEMEN KOMUNIKASI & MANAJEMEN RESIKO PADA MANAJEMEN PROYEK PADA PT ACE HARDWARE INDONESIA TBK

 ANALISIS MANAJEMEN KOMUNIKASI & MANAJEMEN RESIKO PADA MANAJEMEN PROYEK PADA PT ACE HARDWARE INDONESIA TBK

 

 


 

Disusun Oleh :

KELOMPOK 6 :

Putri Yunisa Anwar (432180100117)

Muhammad Farhan Fadhlillah  (432180100171)

Annisa Fiatin Nahira (43219010180)

Muhammad Ilham (43219010115)

Khalida Fauzia Septiani (43219010103)

 

 

DOSEN PENGAMPU : YANANTO MIHADI PUTRA, SE, M.Si

 

  

UNIVERSITAS MERCU BUANA JAKARTA

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

PROGRAM STUDI AKUNTANSI

2021

 

A.                ABSTRAK

Manajemen komunikasi pada dasarnya adalah suatu perpaduan ilmu komunikasi dengan teori manajemen untuk bisa diterapkan dalam berbagai latar tempat belakang suatu komunikasi.

Manajemen komunikasi juga bisa diartikan sebagai suatu perencanaan yang sistematis, penerapan, pemantauan, serta revisi dari seluruh saluran komunikasi dalam suatu perusahaan atau organisasi dan juga antar organisasi yang mencakup organisasi serta penyebaran instruksi pada komunikasi baru yang tersambung dengan jaringan, organisasi atau suatu teknologi komunikasi.

Manajemen komunikasi proyek meliputi semua proses yang memastikan kesesuaian dan ketepatan dalam perencanaan, pengumpulan, pembuatan, penyebaran, penyimpanan, pengembalian, pengelolaan, pengontrolan, pengamatan, dan status dari informasi proyek (Rose, 2013).

Salah satu faktor utama penentu keberhasilan sebuah proyek adalah manajemen komunikasi. Banyak penelitian menyatakan bahwa faktor tertinggi penyebab kegagalan proyek adalah buruknya manajemen komunikasi. Rata-rata, seorang Manajer Proyek menghabiskan waktu sekitar 85-90% dari waktu keseluruhan proyek dalam melakukan komunikasi. Oleh karena itu, sangat penting bagi Manajer Proyek untuk mengetahui strategi terbaik dalam mengelola komunikasi selama berjalannya proyek.

            Manajemen Komunikasi Proyek sendiri merupakan salah satu kompetensi penting yang perlu dimiliki seorang Manajer Proyek dengan tujuan agar semua informasi mengenai proyek akan sampai tepat pada waktunya, dibuat, disimpan dan diatur dengan tepat. Berdasarkan PMBOK (Project Management Book of KnowledgeGuide – Sixth Edition, Manajemen Komunikasi Proyek adalah proses penting untuk memastikan efektifnya pengelolaan komunikasi/informasi proyek antara pelaksana proyek dan stakeholders.

 

 

 

B.                 PENDAHULUAN

PT Ace Hardware adalah perusahaan yang bergerak dibidang pembelian dan penjualan alat-alat rumah tangga dan perkakas. Sebagai distributor alat-alat rumah tangga dan perkakas, Ace Hardware memiliki banyak pesaing, beberapa pesaing PT Ace Hardware antara lain Kawan Lama, Mitra dan Homesmart. Bermula dari Mr. Richard Hesse mengambil alih sebuah usaha toko perkakas kecil tahun 1920 di Chicago, Illionis, Amerika Serikat. Pada tahun 1922, MR.Hesse mengumpulkan beberapa pemilik toko perkakas dan mengusulkan untuk menggabungkan toko mereka menjadi suatu koperasi yang menjual alat-alat kebutuhan rumah tangga yang memiliki posisi lebih kuat dan berpengaruh terhadap para produsen barang, khususnya dalam hal penentuan harga. Pada tahun 1924, Mr. Hesse bertemu dengan Mr. Frank Burke dari Waukagen, Illionis yang juga memiliki ide yang sama tentang pembentukan koperasi, sehingga pada tahun itu juga, mereka resmi menggabungkan kedua perusahaan tersebut. Pada tahun 1928, secara resmi, The ACE Company didirikan. Pada tahun 1930, Amerika Serikat mengalami depresi ekonomi yang berkepanjangan, tetapi Ace Hardware tetap tumbuh berkembanng dengan ditandai semakin bertambahnya anggota yang bergabung, jenis produk yang dijual dan pembukaan cabang-cabang baru di seluruh Amerika.  

Pada tahun 1931, kantor pusat Ace hardware pindah dari cikago ke winconsin dan kemudian berkembang pesat ke area Midwest sampai dengan pertengahan tahun Pada tahun 1950, Ace Hardware mulai melakukan standarisasi penampilan toko dan aspek-aspek operasionalnya. Pada tahun 1974, Mr. Hesse, pendiri Ace Hardware, menjual seluruh sahamnya kepada para dealer. Semenjak itu Ace Hardware berkembang menjadi koperasi terbesar di Amerika Serikat. Hingga saat ini Ace telah memiliki pabrik sendiri yang memproduksi produk-produknya dengan merk Ace dengan jumlah produk mencapai 7000 jenis barang. Ace Paint, menduduki ranking ke-2 dari 10 pabrik cat terbesar di Amerika. Perusahaan Ace Hardware telah berkembang menjadi sebuah korporasi yang mendunia. Di mulai dengan sebuah toko kecil di Chicago, kini Ace Hardware telah merambah ke banyak negara termasuk Indonesia. Di kota-kota besar Indonesia, Ace Hardware relatif mudah ditemui, karena memiliki 34 toko. Markas utama perusahaan berlokasi di Oak Brook, Illinois, Amerika Serikat (AS). Selain di Indonesia, tokonya sudah merambah di lebih dari 60 negara. Mulai dari Asia Tengah sampai Inggris, dan dari Indonesia sampai Meksiko. Dengan total lebih dari 5000 toko di seluruh dunia.

Ace Hardware mencetak total volume usaha lebih dari 3 miliar dolar AS per tahun. Di setiap negara, termasuk Indonesia, Ace Hardware hadir tak ubahnya sebuah toko korporasi biasa. Ikhtisar harga saham yang tercatat sebesar Rp pada akhir tahun 2011 terus meningkat menjadi Rp.810 (setara dengn Rp sebelum pemecahan saham/stock split) atau meningkat sebesar 97,6%. Di tahun 2012, perseroan melakukan aksi korporasi berupa pemecahan saham yang berlakuefektif sejak 1 November 2012, dengan rasio 1:10 yang membuat nilai Rp.100 menjadi Rp.10. Tujuannya adalah untuk meningkatkan likuiditas perdagangan dan memperluas kepemilikan saham. 1. Sejarah Perkembangan PT Ace Hardware Di Indonesia PT Ace Hardware Indonesia Tbk di dirikan awalnya bernama PT Kawan Lama pada tanggal 3 Februari 1995 oleh Kuncoro Wibowo. Pada tanggal 28 Oktober 1997, Nama perusahaan berubah menjadi PT.Ace Indoritel Perkakas, dan kemudian pada tanggal 28 Agustus 2001 nama perusahaan selanjutnya berubah menjadi PT.Ace Hardware Indonesia. Ace Hardware hadir di Indonesia pada tahun 1995, awalnya terdaftar di Departemen perdagangan dengan nama PT.Ace Indoritel Perkakas. Namun pada tahun 2001 berganti nama menjadi PT.Ace Hardware Indonesia Tbk. Ruang lingkup kegiatan perusahaan meliputi usaha perdagangan umum termasuk kegiatan ekspor impor serta menjalankan usaha sebagai agen atau distributor. Kegiatan usaha perusahaan adalah penjualan eceran atau ritel barangbarang untuk kebutuhan rumah tangga, gaya hidup, dan mainan anak-anak. Perusahaan telah mengembangkan jaringan gerai modern yang kuat dengan penyediaan produk berkualitas prima. Sampai akhir tahun 2014, gerai Ace Hardware telah berkembang menjadi 110 gerai di kota-kota utama di seluruh Indonesia, dan 24 gerai toys kingdom yang tersebar di berbagai kota besar di Sumatera, Jawa, Bali, dan Sulawesi, di mana sebagian besar gerainya berdekatan dengan gerai Ace sehingga menjadi sebuah kombinasi terpadu sebagai tujuan belanja keluarga.

 

 

C.                LITERATUR TEORI

·                     Michael Kaye

Michael Kaye menjelaskan bahwa manajemen komunikasi adalah suatu proses pengelolaan komunikasi antar individu dalam berbagai hal yang berhubungan dengan komunikasi, seperti komunikasi kelompok, komunikasi massa, dan komunikasi interpersonal.

·                     Parag Diwan

Parag Diwan menjelaskan bahwa manajemen komunikasi adalah suatu proses pemanfaatan berbagai sumber daya komunikasi secara baik dengan adanya proses perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, serta pengontrolan berbagai unsur komunikasi guna meraih suatu tujuan yang sebelumnya sudah ditetapkan bersama.

·                     Liebler dan Barker

Lebler dan Barker menerangkan bahwa manajemen komunikasi adalah suatu proses yang dilakukan secara sistematis antar tiap anggota dalam suatu organisasi atau perusahaan untuk menjalankan berbagai fungsi manajemen agar bisa menyelesaikan suatu pekerjaan dengan proses negosiasi pemahaman atau pengertian yang terjadi pada tiap orang untuk bisa mencapai tujuan bersama.

 

 

 

 

D.                PEMBAHASAN

Pada dasarnya manajemen komunikasi adalah perpaduan konsep komunikasi dengan teori manajemen untuk diaplikasikan dalam berbagai latar tempat terjadinya suatu komunikasi. Manajemen komunikasi adalah perencanaan sistematis, penerapan, pemantauan, dan revisi semua saluran komunikasi dalam suatu organisasi, dan antar organisasi; ini juga mencakup organisasi dan penyebaran arahan komunikasi baru yang terhubung dengan organisasi, jaringan, atau teknologi komunikasi.

Manajemen Komunikasi Menurut Para Ahli

Beberapa ahli menjelaskan pengertian manajemen komunikasi, diantaranya adalah:

1.                  Michael Kaye

Pengertian manajemen komunikasi menurut Michael Kaye (1994) adalah bagaimana orang-orang mengelola proses komunikasi mereka dengan orang lain dalam berbagai konteks komunikasi. Misalnya dalam situasi komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, dan komunikasi massa.

 

2.                  Parag Diwan

Menurut Parag Diwan (1999), manajemen komunikasi adalah proses penggunaan berbagai sumber daya komunikasi secara terpadu melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengontrolan unsur-unsur komunikasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

3.                  Joan Gratto Liebler and Larry L. Barker

Menurut Liebler dan Barker, pengertian manajemen komunikasi adalah proses yang sistematis antara anggota organisasi dalam menjalankan fungsi-fungsi manajemen untuk menyelesaian pekerjaan melalui proses negosiasi pengertian/ pemahaman antara satu individu maupun lebih yang bertujuan mencapai tujuan bersama.

4.                  Manajemen Komunikasi Sebagai Alat Penyampaian Informasi

Seperti yang sudah dijelaskan pada pengertian manajemen komunikasi di atas, bahwa tujuan komunikasi adalah sebagai alat untuk menyampaikan informasi dan menentukan alternatif sebagai langkah pengambilan keputusan yang bijaksana.

Jadi didalam PT. Ace Hardware Indonesia Tbk, Manajemen Komunikasi itu sangat berdampak sekali untuk mencapai suatu kesepakatan rencana kerja dikarenakan didalam Manejemen konunikasi ada perencanaan sistematis, penerapan, pemantauan, dan revisi semua saluran komunkasi dalam suatu organisasi/ perusahaan. Jadi mereka masih menyesuaikan dengan manajemen tersebut.

Manajemen risiko adalah sebuah proses yang ditujukan untuk menganalisa dan membentuk sebuah rencana agar dapat terhindar dari sebuah situasi tidak terduga. Dalam membangun sebuah usaha, tentunya akan ada banyak hal-hal tak terduga yang dapat terjadi dan menyebabkan kerugian untuk perusahaan tersebut. Oleh karena itu, sebuah perusahaan perlu mempunyai langkah-langkah yang tepat dan terukur sehingga segala bentuk risiko yang dapat memberikan dampak buruk bagi perusahaan dapat ditangani dengan baik.

Jenis – jenis manajemen resiko:

1.                  Manajemen Risiko Operasional

Ada empat faktor yang terlibat dalam manajemen risiko operasional yaitu manusia, proses, sistem, dan eksternal. Keempat faktor ini harus dipahami betul fungsinya oleh perusahaan untuk meminimalisir atau bahkan menghindari risiko yang dapat menyebabkan kerugian bagi perusahaan seperti human error, data perusahaan yang di-hack, ataupun seperti masa pandemi yang menyebabkan proses kerja menjadi terhambat.

 

2.                  Manajemen Hazard

Risiko perilaku merupakan sebuah peristiwa yang dapat menyebabkan kerugian bisnis pada bagian hukum, fisik, dan moral sehingga Anda perlu melakukan implementasi manajemen hazard dalam perusahaan Anda. Sebagai contoh dari risiko perilaku adalah penggunaan mesin yang sudah tua dan dapat mengakibatkan gagal produksi, pelanggaran SOP yang dilakukan karyawan, maupun pelanggaran moral yang dilakukan oleh karyawan yang dapat memberikan dampak buruk bagi citra perusahaan.

3.                  Manajemen Risiko Finansial

Dalam membangun sebuah bisnis tentunya ada kondisi finansial yang harus dijaga seperti laba, aset perusahaan, hak properti, pajak, dan lainnya. Oleh karena itu, Anda harus membangun kerangka manajemen risiko finansial yang kuat karena finansial adalah salah satu ujung tombak sebuah perusahaan.

4.                  Manajemen Risiko Strategis

Manajemen risiko strategis merupakan manajemen yang terkait dengan pengambilan sebuah keputusan ketika muncul sebuah kondisi tak terduga. Kondisi-kondisi ini mencakup seperti risiko penurunan nilai aset atau kompetitif yang dapat terjadi sewaktu-waktu ketika ada perubahan tren atau situasi yang berbeda dari sebelumnya.

Untuk itu PT. Ace Hardware Indonesia Tbk saat ini masih meningkatkan kualitas manajemen resikonya, karena pada dasarnya manajemen Resiko di PT. Ace Hardware Indonesia Tbk masih sangat minim sekali dikarenakan untuk sebuah rencana kerja masih harus di bentuk dari setiap masyarakat perusahaan.

 

 

 

E.                 KESIMPULAN

Manajemen komunikasi merupakan salah satu faktor penting dalam sebuah proyek. Dengan adanya manajemen komunikasi yang baik akan menghasilkan keberhasilan dalam sebuah proyek. Sedangkan manajemen resiko sangat berpengaruh untuk mengurangi dampak negatif dari proyek tersebut. Dengan adanya manajemen resiko, proyek dapat mengetahui hal apa yang harusnya dilakukan jika ada bahaya dalam proses pengerjaan proyek. Dengan hal itu, maka PT Ace Hardware Indonesia Tbk sangat memperhatikan bagaimana berlangsungnya proses manajemen komunikasi dan manajemen resiko dalam proyek.

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Putra, Y. M., (2021). Manajemen Komunikasi & Manajemen Resiko pada Manajemen Proyek. Modul Kuliah Manajemen Proses Bisnis. Jakarta : FEB-Universitas Mercu Buana.

Vidianto, A. S., & Haji, W. H. (2020). Sistem Informasi Manajemen Proyek Berbasis Kanban (Studi Kasus: PT. XYZ). Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 7(2).

Darmawan, D., & Ratnasari, A. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Proyek Berbasis Web Pada PT Seatech Infosys. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 9(3), 365-372.

Nugroho, A., & Kusumah, L.H. (2021). Analisis Pelaksanaan Quality Control untuk Mengurangi Defect Produk di Perusahaan Pengolahan Daging Sapi Wagyu dengan Pendekatan Six Sigma. Jurnal Manajemen Teknologi 20 (1), 56-78.

Saryanto, S., Purba, H., & Trimarjoko, A. (2020). Improve quality remanufacturing welding and machining process in Indonesia using six sigma methods. J. Eur. SystèMes Autom, 53, 377-384.

https://www.sodexo.co.id/manajemen-risiko/

https://www.maxmanroe.com/vid/sosial/pengertian-manajemen-komunikasi.html

Comments

Popular posts from this blog

ANALISIS SIKLUS MANAJEMEN PROSES BISNIS PADA PT. ACE HARDWARE INDONESIA TBK

Implementasi Model Diagram Business Process Modelling Natation (BPMN) pada PT. Ace Hardware Indonesia Tbk

ANALISIS MANAJEMEN PROSES BISNIS PADA PT ACE HARDWARE INDONESIA TBK